Arsip

Pengaturan Awal Data

 

Setelah anda berhasil masuk kedalam Layar utama Aplikasi ini maka anda haru melakukan pengisian database untuk menggunakan aplikasi ini.

Menu Pengaturan

Silakan ke Menu Pengaturan untuk melakukan penguturan yang ada di dalamnya sesuai dengan batasan login user yang telah di set tugas / fungsinya.

menu pengaturan
menu pengaturan

Menu pengaturan ini paling penting dalam mengatur data dasar agar laporan dan informasi yang didapatan sesuai dengan peruntukkannya.

 

Menu Referensi

Silakan ke Menu Referensi untuk memastikan database dalam menu ini terisi dengan benar dan sesuai dengan tempat anda.

Data yang perlu anda periksa / masukkan adalah :

1.Referensi Kategori Produk

2.Referensi Satuan

3.Referensi Gudang

4.Referensi Golongan Barang

5.Referensi Diagnosa

6.Referensi Unit Layanan

7.Referensi Ruangan

8.Referensi Printer – Jika menggunakan printer Khusus Thermal untuk label / POS

9.Referensi simbol Odontogram

10.Referensi Aturan Pakai Obat

11.Referensi Item Laboratorium ( khusus Klinik & Laboratorium )

12.Referensi Item non Laboratorium ( khusus Klinik & Laboratorium)

13.Group Laboratorium ( khusus Klinik & Laboratorium)

14.Group Non Laboratorium ( khusus Klinik & Laboratorium )

 

 

Menu Unit Layanan

Pengisian data di Menu Unit Layanan untuk memunculkan nama dokter yang bertugas di menu pendaftaran pasien

1.Silakan ke menu Pengaturan, pilih sub menu Unit Layanan,

2.Tambahkan Unit Layanan Sesuai Layanan yang ada di Faskes Anda, saat ini di dalam contoh aplikasi ini menggunakan unit Layanan sesuai dengan Layanan BPJS Kesehatan, yakni Poli Umum, Poli Gigi & Mulut, Poli KIA, Poli KB, Poli Lansia, Laboratorium dan Kunjungan Online. untuk data laboratorium berisi Unit layanan Poli Umum, Laboratorium dan kunjungan online

3.Jika Klinik / Tempat praktik / Laboratorium anda tidak menggunakan unit layanan seperti diatas, silakan hapus dan buat unit layanan baru.  

Unit layanan

Buat baru Unit Layanan dengan cara:

1.Buat baru Unit layanan, silakan isi kode dan nama unit layanan

2.Pilih Hastag / dimana layanan ini akan dimunculkan pada saat pendaftaran pasien.

Saat ini ada 4 hastag :

# Pemeriksaan Umum = untuk memunculkan untuk unit layanan kesehatan, seperti pemeriksaan dokter umum, dokter gigi, dokter spesialis dan sebagainya;

# Konsultasi Online = untuk memunculkan layanan dalam menu konsultasi online,

# Lab & Non Lab = untuk memunculkan nama pasien di pendaftaran layanan dalam menu pemeriksaan Laborat dan NonLaboarat ( khusus klinik & Laboratorium ) dan

# Pemeriksaan MCU = untuk memunculkan nama pasien di pelayanan MCU di menu MCU ( Khusus Klinik MCU )

Setelah sesuai Data Layanan ini dengan layanan yang disediakan oleh fasyankes anda, maka silakan tambahkan jadwal praktik dokter di unit layanan yang telah di siapkan tadi. 

Penambahan Dokter di Unit Layanan

 Adapun cara menambahkan jadwal dokter praktik di Unit Layanan:

1.Klik kotak = Lihat Jadwal Dokter di dalam kolom Jadwal Praktik & Keterangan

2.Silakan Tambah Jadwal Dokter

3.Isikan Jadwal Dokter Sesuai nama hari, waktu praktik dan Nama dokter yang praktik

4.Tutup kotak pengisisan jadwal dokter

5.Kembali ke halaman menu utama

6.Silakan cek Jadwal dokter yang tadi di masukkan dengan membuka menu Jadwal

7.Dokter, silakan rubah jika tidak sesuai dengan jadwal yang sebenarnya.

Menu Lainnya

Kemudian di ikuti dengan pengecekan atau penambahan data di

1.Menu Tarif, pilih submenu Tarif Laboratorium ( khusus Klinik )

2.Menu Tarif, pilih submenu Tarif Non Laboratorium ( khusus Klinik )

3.Menu Kontak pilih submenu Kontak Karyawan dan isi data karyawan untuk memunculkan nama dokter, nama pendamping dan nama kasir di fungsi pemeriksaan dan penjualan

4.Menu Kontak pilih submenu Penjamin, untuk memunculkan penjamin asuransi seperti BPJS Kesehatan, atau Asuransi Komersial Lainnya

5.Menu Kontak pilih submenu Pemasok untuk memunculkan nama pemasok untuk pembelian barang di menu pembelian

6.Menu Tarif pilih submenu Tarif Operasi – jika melakukan tindakan yang membutuhkan pembiusan

7.Menu Tarif Pilih submenu Jasa & Tindakan – jika ingin menambahkan harga sesuai layanan jasa dan tindakan

8.Menu Tarif pilih submenu Konsultasi Dokter – jika ingin menambahkan tarif konsultasi dokter untuk setiap nama dokter sesuia di dalam data kontak karyawan.

Contoh Data Import

Untuk Klinik Silakan Klik contoh data import Silakan klik ini

Untuk Laboratorium Silakan klik contoh data import Silakan Klik ini

Untuk Praktik Dokter Silakan Klik contoh data Import Silakan Klik ini

Pemeriksaan Pasien

Untuk mencatat data rekam medis :

1. Pendaftaran pasien di Menu Pendaftaran submenu Daftar Pasien ( lihat panduan pendaftaran )

2. Jika pasien berhasil terdaftarkan periksa menu Pendaftaran bagian Status pasien

Status Pendaftran pasien

Status Pendaftran pasien


3. Jika tidak muncul, atur periode tanggalnya, Lihat di tabel dibawahnya
4. Lakukan tindakan dengan mengkik tombol Proses, Pilih nama pendamping dan ruangan periksa
5. Lihat Menu Pemeriksaan, Data pasien akan muncul di bagian Menu Pemeriksaan sub menu Skrening Kesehatan dan Pemeriksaan dokter

Menu Pemeriksaan Pasien di Dokter

Menu Pemeriksaan Pasien di Dokter

6. Ke menu Pemeriksaan Skrining Kesehatan dimana Penulisan data Skrening kesehatan dilakukan oleh petugas pendamping / perawat yang telah di pilih dalam proses pasien
7. Ke menu Pemeriksaan dokter, pengisian ini wajib dilakukan oleh user dokter yang dipilih pada saat pendaftaran, dimana penulisan isi dari data rekam medis di menu pemeriksaan dokter hanya dapat diisi oleh dokter yang telah dipilih di pendaftaran atau di proses pasien, Jika dokter belum ada login / user silakan buat user terlebih dahulu
8. Silakan pilih tombol Input Hasil di kolom Tindakan
Jika tombol Input Hasil di klik, maka akan muncul formulir untuk memasukan data Subjektif & Obyektif di menu Skrining Kesehatan dan Data Subjektif, Objektif, Penilaian /Assesemen , dan Rencana awal / Plan di menu untuk pemeriksaan dokter.

Input data pemeriksaan pasien oleh dokter

Input data pemeriksaan pasien oleh dokter

9.Petugas pendamping akan membantu pengisian submenu Skrining Kesehatan agar dokter di submenu Pemeriksaan Dokter tidak terlalu banyak untuk mengisi data Objektif tersebut.
10 Silakan baca di bagian Pengisian Rekam Medis Elektronik  jika anda ingin mengetahui prosedural pemeriksaan ERM.

11. Setelah semua data pemeriksaan lengkap maka tekan tombol update, dan rumah status update menjadi komplit dengan mengklik tombol komplit

12. Data Pemeriksaan Komplit akan di kirim ke Server Satusehat Kemenkes dalam waktu 4 jam setelah penandaan komplit di data ini

Pendaftaran Pasien

Bagaimana melakukan pendaftaran pasien

1. Buka Menu Pendaftaran
2. Klik Daftar Antrian
3. Buat Pendaftaran Baru
4. Isi data sesuai kolom yang di inginkan, silakan pilih dokter dengan cara mengisi Jenis Kunjungan, pilih unit layanan, pilih hari praktik, pilih dokter, pilih rencana tanggal praktik, dan pilih jam praktik.
5. Silakan isi rencana jam periksa / kedatangan untuk kunjungan untuk pemeriksaan
6. Atau centang kotak Antrian Hari ini, untuk memasukkan daftar periksa ini kedalam antrian yang digunakan hari itu juga.
7. Selanjutnya pilih nama pasien, penjamin pasien, kolom prioritas dan kolom asal pendaftaran
8. Klik Tombol Simpan
9. Pasien yang terdaftar akan muncul di menu Status Pasien
10. Pasien siap di proses selanjutnya untuk di periksa sesuai jadwal dokter yang di pilih tadi
11. Ke Menu Pendaftaran ke sub menu status pasien, silakan klik tombol Proses di kolom tindakan
12. Silakan isi dan lengkapi pilihan Dokter, Asisrten dan ruangan untuk melanjutkan ke menu pemeriksaan dokter 

 

Jika pasien telah terdaftar di masa lalu tapi belum melakukan pemeriksaan maka harus menghapuskan data lama di ststus Pasien dengan Pilih tombol Batal di kolom Tindakan.

Setelah melakukan Pembatalan data pasien yang lama, maka pasien yang tadi input di pendaftaran akan muncul di tabel pendiaftraan dengan detailnya, jangan untuk mengklik tombol Simpan untuk menyimpan data pasien yang di daftarkan tadi.

INFO PENTING

1. Jika anda tidak menemukan Unit Layanan maka silakan isi Data di Menu Referensi submenu Unit Layanan
2. Jika anda tidak menenukan Hari Praktik dan Dokter yang praktik silakan isi datanya di Menu Referensi submenu Unit Layanan dengan mengisi data di bagian Lihat Jadwal Dokter
3. Jika anda tidak menemukan nama pasien, silakan periksa nama pasien di kontak pasien dan menambahkan data pasien di menu Kontak bagian Pasien
4. Jika anda tidak menemukan data Dengan Penjamin, silakan isi data Penjamin di menu Kontak bagian Penjamin
5. Setiap pasien yang berhasil didaftarkan akan dikirimi informasi melalui whatsapp yang terpasang di pengaturan Kirim Pesan jika pengaturan kirim whatsapp ini diaktifkan di menu pengaturan Cabang.