Arsip

Pengisian Data Rekam Medis

 

Rekam Medis pasien hanya dapat diisi oleh dokter yang memeriksanya dengan akun login sesuai dengan user dokter yang dimilikinya. Adapun cara untuk mengisinya.

1. Pilih Menu Pemeriksaan, klik submenu pemeriksaan dokter
2. Dibawah Data Pasien ada Tab ( menu kecil ) yang dapat dipilih, yakni Anamnesa, Pemeriksaan Fisik, Pemeriksaan Penunjang, Odontogram, Diagnosis, Rencana Awal, Dokumen dan Foto Medis
3. Dokter Dapat mengisi data-data dari meneu kecil tersebut
4. Ada tanda * di setiap kata/kalimat yang berarti data tersebut wajib diisi
5. Disetiap pemeriksaan akan diakhiri dengan Rencana Awal dalam penataksanaan kasus tersebut. Silakan pilih jenis rencana penatalaksanaan.
6. Akan muncul menu / Tab baru di samping Foto Medis jika memilih rencana penatalaksanaan Pengobatan, Kirim Laboratorium & Non Labopratorium, dan Tindakan.
7. Silakan isi data di tab yang muncul sesuai pilihan tersebut
8. Jika Rencana Penatalaksanaan adalah Operasi, maka nama pasien tersebut akan masuk ke dalam menu pendaftaran operasi
9. Jika Rencana Penatalaksanaan adalah Kirim Lab & Non Lab, dan isian di tab yang muncul tersebut di isi, maka data pasien tersebut akan masuk kedalam menu pendaftaran Lab & Non Lab untuk dapat dilanjutkan dengan pemeriksaan lab / non lab sesuai isian dari dokter tersebut.
10. Jika Rencana Penatalaksanaan adalah Pengobatan, dan isian di tab yang muncul tersebut di isi, maka data pasien tersebut akan masuk kedalam menu Farmasi sub menu Proses Resep untuk mendapatkan obat sesuai isian dari dotker tesebut.
11. Jika Rencana Penatalaksanaan adalah tindakan, dan isian di tab yang muncul tersebut di isi, maka data pasien tersebut akan masuk kedalam pencatatan pemberian tindakan yang dapat diambil datanya di menu kasir.

 

12. Tekan Tombol Simpan setelah semua data diisi dengan benar, atau tekan tombol Update jika ada perubahan data rekam medis tersebut
13. Jika data yang dimaksud telah lengkap, maka dokter pemeriksa wajib memberikan intruksi komplit agar data rekam medis ini tidak dapat dirubah-rubah lagi dan akan di kirimkan datanya ke platform Satusehat dalam waktu 3 x24 jam

PERLU DIPERHATIKAN

>>> Tab / menu di samping Foto Medis akan muncul sesuai dengan Rencana Penatalaksanaannya. Dan Tombol Update/ Komplit akan muncul setelah data di isi semua dan disimpan

Pengaturan Awal Data

 

Setelah anda berhasil masuk kedalam Layar utama Aplikasi ini maka anda haru melakukan pengisian database untuk menggunakan aplikasi ini.

Menu Pengaturan

Silakan ke Menu Pengaturan untuk melakukan penguturan yang ada di dalamnya sesuai dengan batasan login user yang telah di set tugas / fungsinya.

menu pengaturan
menu pengaturan

Menu pengaturan ini paling penting dalam mengatur data dasar agar laporan dan informasi yang didapatan sesuai dengan peruntukkannya.

 

Menu Referensi

Silakan ke Menu Referensi untuk memastikan database dalam menu ini terisi dengan benar dan sesuai dengan tempat anda.

Data yang perlu anda periksa / masukkan adalah :

1.Referensi Kategori Produk

2.Referensi Satuan

3.Referensi Gudang

4.Referensi Golongan Barang

5.Referensi Diagnosa

6.Referensi Unit Layanan

7.Referensi Ruangan

8.Referensi Printer – Jika menggunakan printer Khusus Thermal untuk label / POS

9.Referensi simbol Odontogram

10.Referensi Aturan Pakai Obat

11.Referensi Item Laboratorium ( khusus Klinik & Laboratorium )

12.Referensi Item non Laboratorium ( khusus Klinik & Laboratorium)

13.Group Laboratorium ( khusus Klinik & Laboratorium)

14.Group Non Laboratorium ( khusus Klinik & Laboratorium )

 

 

Menu Unit Layanan

Pengisian data di Menu Unit Layanan untuk memunculkan nama dokter yang bertugas di menu pendaftaran pasien

1.Silakan ke menu Pengaturan, pilih sub menu Unit Layanan,

2.Tambahkan Unit Layanan Sesuai Layanan yang ada di Faskes Anda, saat ini di dalam contoh aplikasi ini menggunakan unit Layanan sesuai dengan Layanan BPJS Kesehatan, yakni Poli Umum, Poli Gigi & Mulut, Poli KIA, Poli KB, Poli Lansia, Laboratorium dan Kunjungan Online. untuk data laboratorium berisi Unit layanan Poli Umum, Laboratorium dan kunjungan online

3.Jika Klinik / Tempat praktik / Laboratorium anda tidak menggunakan unit layanan seperti diatas, silakan hapus dan buat unit layanan baru.  

Unit layanan

Buat baru Unit Layanan dengan cara:

1.Buat baru Unit layanan, silakan isi kode dan nama unit layanan

2.Pilih Hastag / dimana layanan ini akan dimunculkan pada saat pendaftaran pasien.

Saat ini ada 4 hastag :

# Pemeriksaan Umum = untuk memunculkan untuk unit layanan kesehatan, seperti pemeriksaan dokter umum, dokter gigi, dokter spesialis dan sebagainya;

# Konsultasi Online = untuk memunculkan layanan dalam menu konsultasi online,

# Lab & Non Lab = untuk memunculkan nama pasien di pendaftaran layanan dalam menu pemeriksaan Laborat dan NonLaboarat ( khusus klinik & Laboratorium ) dan

# Pemeriksaan MCU = untuk memunculkan nama pasien di pelayanan MCU di menu MCU ( Khusus Klinik MCU )

Setelah sesuai Data Layanan ini dengan layanan yang disediakan oleh fasyankes anda, maka silakan tambahkan jadwal praktik dokter di unit layanan yang telah di siapkan tadi. 

Penambahan Dokter di Unit Layanan

 Adapun cara menambahkan jadwal dokter praktik di Unit Layanan:

1.Klik kotak = Lihat Jadwal Dokter di dalam kolom Jadwal Praktik & Keterangan

2.Silakan Tambah Jadwal Dokter

3.Isikan Jadwal Dokter Sesuai nama hari, waktu praktik dan Nama dokter yang praktik

4.Tutup kotak pengisisan jadwal dokter

5.Kembali ke halaman menu utama

6.Silakan cek Jadwal dokter yang tadi di masukkan dengan membuka menu Jadwal

7.Dokter, silakan rubah jika tidak sesuai dengan jadwal yang sebenarnya.

Menu Lainnya

Kemudian di ikuti dengan pengecekan atau penambahan data di

1.Menu Tarif, pilih submenu Tarif Laboratorium ( khusus Klinik )

2.Menu Tarif, pilih submenu Tarif Non Laboratorium ( khusus Klinik )

3.Menu Kontak pilih submenu Kontak Karyawan dan isi data karyawan untuk memunculkan nama dokter, nama pendamping dan nama kasir di fungsi pemeriksaan dan penjualan

4.Menu Kontak pilih submenu Penjamin, untuk memunculkan penjamin asuransi seperti BPJS Kesehatan, atau Asuransi Komersial Lainnya

5.Menu Kontak pilih submenu Pemasok untuk memunculkan nama pemasok untuk pembelian barang di menu pembelian

6.Menu Tarif pilih submenu Tarif Operasi – jika melakukan tindakan yang membutuhkan pembiusan

7.Menu Tarif Pilih submenu Jasa & Tindakan – jika ingin menambahkan harga sesuai layanan jasa dan tindakan

8.Menu Tarif pilih submenu Konsultasi Dokter – jika ingin menambahkan tarif konsultasi dokter untuk setiap nama dokter sesuia di dalam data kontak karyawan.

Contoh Data Import

Untuk Klinik Silakan Klik contoh data import Silakan klik ini

Untuk Laboratorium Silakan klik contoh data import Silakan Klik ini

Untuk Praktik Dokter Silakan Klik contoh data Import Silakan Klik ini