Arsip

Membuat User

 

Sebelum membuat User,

  1. Pertama kita pastikan login yang kita gunakan mempunyai tugas Admin. Silakan Rubah Tugas Anda di Profil Anda yang terletak di pojok kanan atas

2. Rubahlah tugas menjadi Admin Klinik jika faskes anda klinik, atau Admin Praktik dokter jika faskes anda PMD

3. Setelah Tugas anda menjadi admin Silakan ke Menu Kontak untuk Mengisi data Kontak Karyawan yang akan di berikan User

Silakan klik Tombol Biru : Buat Karyawan Baru, kemudian isi data dengan tugas utama adalah tugas yang dibebankan kepada karyawan berdasarkan  profesinya.  Jangan lupa untuk melengkapi data tersebut kemudian di simpan.  Untuk Profesi Apoteker, Dokter harus mempunya NIK yang terdata di Platform Satusehat Kemenkes ( satusehat.kemkes.go.id/sdmk )

Keterangan :

  • Untuk Fungsi pendamping, isi dengan tugas : perawat, bidan
  • Untuk Fungsi Kasir, isi dengan tugas: kasir, pendaftaran & kasir
  • Untuk Fungsi Dokter,isi dengan tugas : Dokter Umum, Dokter Spesialis, Dokter Gigi, Dokter MCU
  • Untuk Fungsi Farmasi,isi dengan tugas : Apoteker dan Asisten Apoteker

 

Menambahkan user

1.Silakan ke Menu pengaturan, pilih submenu user, silahkan tambahkan user baru selain dari user yang anda gunakan saat ini..

2.Pilih Akses Cabang (a ) Kemudian Pilih Nama Karyawan yang akan di berikan akses uses ini ( b), Kemudian pilih tugas utama adalah sesuai dengan profesinya dan tugas tambahan jika user tersebut di berikan wewenang untuk fungsi lainnya (c) dan tuliskan nama untuk username dan passwordnya (d) . Kemudian isi data yang lainnya yang dianggap perlu. Jangan lupa untuk Menyimpannya.

Ada pilihan tugas Admin, yang anda harus memilih karyawan yang tepat, karena user admin ini dapat merubah dan menghapus data yang telah di buat.

3. Sesuaikan dengan kebutuhan, jika komputer yang dimiliki tidak mencukupi sehingga harus berbagi user, maka cukup dibuat user dengan tugas untuk mengelola laporan, yakni :

  •  User dengan tugas Admin,
  •  User dengan tugas pencatatan laporan / input data  dari pendaftaran hingga membuat nota penjualan dan
  • User untuk mengisi rekam medis yakni user dengan tugas dokter.

4. Buat User baru dengan kata sandi yang di tulis dengan penuh tanggung jawab. Isikan Data Karyawan sesuai dengn tugas yang diberikan. Pemilihan tugas ini akan mengakibatkan user ini akan mucul dengan kolom fungsi diatas

 

Pilih user untuk login

1.Buat user dengan tugas: Login klinik atau Login praktik dokter jika user ini akan membuka aplikasi ini untuk pencatatan transaksi di klinik atau tempat praktik dokter anda melalui komputer yang digunakan secara umum.

2.Jangan buat user dengan tugas Admin karena fungsi admin akan dapat merubah dan menghapus data yang ada, kecuali user ini telah anda percaya untuk mengelola pencatatan data dan transaksi dalam aplikasi ini.

3.Jika anda memiliki klinik dengan banyak ruangan pendaftaran atau pasien yang banyak sehingga memerlukan komputer lebih dari satu, maka buatlah user dengan tugas fungsi : Pendaftaran atau Kasir & Pendaftaran untuk melakukan pendaftaran di setiap ruangan / unit layanan

Pemilihan Kata Sandi

Silakan buat username sesuai dengan pilihan anda, username dan alamat email tidak dapat sama dengan user lain, karena akan terhubung dengan sistem reset / kelola kata sandi yang akan dikirimkan melalui alamat email yang tertera. Buat kata sandi yang kuat dengan memenuhi kriteria menggunakan Huruf besar, huruf kecil, angka dan karakter dengan panjang minimal 8 karakter.

Pengaturan Awal Data

 

Setelah anda berhasil masuk kedalam Layar utama Aplikasi ini maka anda haru melakukan pengisian database untuk menggunakan aplikasi ini.

Menu Pengaturan

Silakan ke Menu Pengaturan untuk melakukan penguturan yang ada di dalamnya sesuai dengan batasan login user yang telah di set tugas / fungsinya.

menu pengaturan
menu pengaturan

Menu pengaturan ini paling penting dalam mengatur data dasar agar laporan dan informasi yang didapatan sesuai dengan peruntukkannya.

 

Menu Referensi

Silakan ke Menu Referensi untuk memastikan database dalam menu ini terisi dengan benar dan sesuai dengan tempat anda.

Data yang perlu anda periksa / masukkan adalah :

1.Referensi Kategori Produk

2.Referensi Satuan

3.Referensi Gudang

4.Referensi Golongan Barang

5.Referensi Diagnosa

6.Referensi Unit Layanan

7.Referensi Ruangan

8.Referensi Printer – Jika menggunakan printer Khusus Thermal untuk label / POS

9.Referensi simbol Odontogram

10.Referensi Aturan Pakai Obat

11.Referensi Item Laboratorium ( khusus Klinik & Laboratorium )

12.Referensi Item non Laboratorium ( khusus Klinik & Laboratorium)

13.Group Laboratorium ( khusus Klinik & Laboratorium)

14.Group Non Laboratorium ( khusus Klinik & Laboratorium )

 

 

Menu Unit Layanan

Pengisian data di Menu Unit Layanan untuk memunculkan nama dokter yang bertugas di menu pendaftaran pasien

1.Silakan ke menu Pengaturan, pilih sub menu Unit Layanan,

2.Tambahkan Unit Layanan Sesuai Layanan yang ada di Faskes Anda, saat ini di dalam contoh aplikasi ini menggunakan unit Layanan sesuai dengan Layanan BPJS Kesehatan, yakni Poli Umum, Poli Gigi & Mulut, Poli KIA, Poli KB, Poli Lansia, Laboratorium dan Kunjungan Online. untuk data laboratorium berisi Unit layanan Poli Umum, Laboratorium dan kunjungan online

3.Jika Klinik / Tempat praktik / Laboratorium anda tidak menggunakan unit layanan seperti diatas, silakan hapus dan buat unit layanan baru.  

Unit layanan

Buat baru Unit Layanan dengan cara:

1.Buat baru Unit layanan, silakan isi kode dan nama unit layanan

2.Pilih Hastag / dimana layanan ini akan dimunculkan pada saat pendaftaran pasien.

Saat ini ada 4 hastag :

# Pemeriksaan Umum = untuk memunculkan untuk unit layanan kesehatan, seperti pemeriksaan dokter umum, dokter gigi, dokter spesialis dan sebagainya;

# Konsultasi Online = untuk memunculkan layanan dalam menu konsultasi online,

# Lab & Non Lab = untuk memunculkan nama pasien di pendaftaran layanan dalam menu pemeriksaan Laborat dan NonLaboarat ( khusus klinik & Laboratorium ) dan

# Pemeriksaan MCU = untuk memunculkan nama pasien di pelayanan MCU di menu MCU ( Khusus Klinik MCU )

Setelah sesuai Data Layanan ini dengan layanan yang disediakan oleh fasyankes anda, maka silakan tambahkan jadwal praktik dokter di unit layanan yang telah di siapkan tadi. 

Penambahan Dokter di Unit Layanan

 Adapun cara menambahkan jadwal dokter praktik di Unit Layanan:

1.Klik kotak = Lihat Jadwal Dokter di dalam kolom Jadwal Praktik & Keterangan

2.Silakan Tambah Jadwal Dokter

3.Isikan Jadwal Dokter Sesuai nama hari, waktu praktik dan Nama dokter yang praktik

4.Tutup kotak pengisisan jadwal dokter

5.Kembali ke halaman menu utama

6.Silakan cek Jadwal dokter yang tadi di masukkan dengan membuka menu Jadwal

7.Dokter, silakan rubah jika tidak sesuai dengan jadwal yang sebenarnya.

Menu Lainnya

Kemudian di ikuti dengan pengecekan atau penambahan data di

1.Menu Tarif, pilih submenu Tarif Laboratorium ( khusus Klinik )

2.Menu Tarif, pilih submenu Tarif Non Laboratorium ( khusus Klinik )

3.Menu Kontak pilih submenu Kontak Karyawan dan isi data karyawan untuk memunculkan nama dokter, nama pendamping dan nama kasir di fungsi pemeriksaan dan penjualan

4.Menu Kontak pilih submenu Penjamin, untuk memunculkan penjamin asuransi seperti BPJS Kesehatan, atau Asuransi Komersial Lainnya

5.Menu Kontak pilih submenu Pemasok untuk memunculkan nama pemasok untuk pembelian barang di menu pembelian

6.Menu Tarif pilih submenu Tarif Operasi – jika melakukan tindakan yang membutuhkan pembiusan

7.Menu Tarif Pilih submenu Jasa & Tindakan – jika ingin menambahkan harga sesuai layanan jasa dan tindakan

8.Menu Tarif pilih submenu Konsultasi Dokter – jika ingin menambahkan tarif konsultasi dokter untuk setiap nama dokter sesuia di dalam data kontak karyawan.

Contoh Data Import

Untuk Klinik Silakan Klik contoh data import Silakan klik ini

Untuk Laboratorium Silakan klik contoh data import Silakan Klik ini

Untuk Praktik Dokter Silakan Klik contoh data Import Silakan Klik ini