Arsip

Membuat Surat Keluar

Jenis Surat Keluar

Surat Keluar Fasyankes adalah surat yang dikeluarkan oleh Faskes / dokter praktik kepada pasien atau pihak lain yang membutuhkan surat.

Aplikasi ini memiliki format surat keluar yang dapat di pakai yakni :
1. Kwitansi
2. Surat Rujukan
3. Surat Persetujuan Tindakan Medis
4. Surat Keterangan Kondisi Kesehatan / Surat Keterangan Sehat
5. Surat Keterangan Sakit
6. Surat Pernyataan Persetujuan Operasi / Anestesi
7. Surat Pernyataan Persetujuan Pemeriksaan Pengobatan
8. Visum Et Repertum
9. Surat Keterangan Bebas Napza
10. Surat Penolakan Tindakan Medis
11. Surat Rujukan Perusahaan Penjamin / Asuransi
12. Surat lainnya yang dapat di buat sesuai format yang dimiliki oleh Fasyankes

Dibuat oleh petugas Jaga

Adapun Cara untuk membuat surat keluar ini.
1. Ke Menu Dokumen & Info, pilih submenu Surat Keluar

Menu Dokumen & Info

Menu Dokumen & Info

2. Buat Surat Keluar Baru

Buat Surat Keluar Baru di Menu Dokumen

Buat Surat Keluar Baru di Menu Dokumen

3. Pilih Jenis Surat Keluar yang di perlukan
4. Klik tombol buat
5. Isi data isian yang perlu diisi sesuai isian yang di butuhkan

Isi data surat keluar

Isi data surat keluar

6. Klik tombol Buat
7. Lihat pratinjau di tabel dibawah

Cetak Surat Keluar

Cetak Surat Keluar

8. Cetak Surat yang dibutuhkan di Printer pilihan

Dibuat Oleh Dokter Pemeriksa

B> Dari Menu Pemeriksaan Dokter
1. Ke Menu pemeriksaan, pilih submenu Pemeriksaan Dokter

Menu Pemeriksaan Dokter buat surat keluar

Menu Pemeriksaan Dokter buat surat keluar

2. Pilih pasien yang akan diperiksa, pilih di tabel bawah, klik input hasil di kolom tindakan
3. Isi data pasien yang diperiksa mulai dari anamnesis dst, hingga buat Rencana Penataksanaan, pilih pilihan Pemberian dokumen
4. Klik tab Dokumen, plih dokumen yang akan diberikan kepada pasien

Pilih Tab Dokumen di pemeriksaan dokter

Pilih Tab Dokumen di pemeriksaan dokter

5. Isi isian yang dibutuhkan untuk membuat dokumen tersebut
6. Klik Tambah dokumen
7. Lihat Dokumen dan simpan sebagai PDF atau Cetak PDF

Pratinjau Surat Keluar & Cetak

Pratinjau Surat Keluar & Cetak

Membuat User

 

Sebelum membuat User,

  1. Pertama kita pastikan login yang kita gunakan mempunyai tugas Admin. Silakan Rubah Tugas Anda di Profil Anda yang terletak di pojok kanan atas

2. Rubahlah tugas menjadi Admin Klinik jika faskes anda klinik, atau Admin Praktik dokter jika faskes anda PMD

3. Setelah Tugas anda menjadi admin Silakan ke Menu Kontak untuk Mengisi data Kontak Karyawan yang akan di berikan User

Silakan klik Tombol Biru : Buat Karyawan Baru, kemudian isi data dengan tugas utama adalah tugas yang dibebankan kepada karyawan berdasarkan  profesinya.  Jangan lupa untuk melengkapi data tersebut kemudian di simpan.  Untuk Profesi Apoteker, Dokter harus mempunya NIK yang terdata di Platform Satusehat Kemenkes ( satusehat.kemkes.go.id/sdmk )

Keterangan :

  • Untuk Fungsi pendamping, isi dengan tugas : perawat, bidan
  • Untuk Fungsi Kasir, isi dengan tugas: kasir, pendaftaran & kasir
  • Untuk Fungsi Dokter,isi dengan tugas : Dokter Umum, Dokter Spesialis, Dokter Gigi, Dokter MCU
  • Untuk Fungsi Farmasi,isi dengan tugas : Apoteker dan Asisten Apoteker

 

Menambahkan user

1.Silakan ke Menu pengaturan, pilih submenu user, silahkan tambahkan user baru selain dari user yang anda gunakan saat ini..

2.Pilih Akses Cabang (a ) Kemudian Pilih Nama Karyawan yang akan di berikan akses uses ini ( b), Kemudian pilih tugas utama adalah sesuai dengan profesinya dan tugas tambahan jika user tersebut di berikan wewenang untuk fungsi lainnya (c) dan tuliskan nama untuk username dan passwordnya (d) . Kemudian isi data yang lainnya yang dianggap perlu. Jangan lupa untuk Menyimpannya.

Ada pilihan tugas Admin, yang anda harus memilih karyawan yang tepat, karena user admin ini dapat merubah dan menghapus data yang telah di buat.

3. Sesuaikan dengan kebutuhan, jika komputer yang dimiliki tidak mencukupi sehingga harus berbagi user, maka cukup dibuat user dengan tugas untuk mengelola laporan, yakni :

  •  User dengan tugas Admin,
  •  User dengan tugas pencatatan laporan / input data  dari pendaftaran hingga membuat nota penjualan dan
  • User untuk mengisi rekam medis yakni user dengan tugas dokter.

4. Buat User baru dengan kata sandi yang di tulis dengan penuh tanggung jawab. Isikan Data Karyawan sesuai dengn tugas yang diberikan. Pemilihan tugas ini akan mengakibatkan user ini akan mucul dengan kolom fungsi diatas

 

Pilih user untuk login

1.Buat user dengan tugas: Login klinik atau Login praktik dokter jika user ini akan membuka aplikasi ini untuk pencatatan transaksi di klinik atau tempat praktik dokter anda melalui komputer yang digunakan secara umum.

2.Jangan buat user dengan tugas Admin karena fungsi admin akan dapat merubah dan menghapus data yang ada, kecuali user ini telah anda percaya untuk mengelola pencatatan data dan transaksi dalam aplikasi ini.

3.Jika anda memiliki klinik dengan banyak ruangan pendaftaran atau pasien yang banyak sehingga memerlukan komputer lebih dari satu, maka buatlah user dengan tugas fungsi : Pendaftaran atau Kasir & Pendaftaran untuk melakukan pendaftaran di setiap ruangan / unit layanan

Pemilihan Kata Sandi

Silakan buat username sesuai dengan pilihan anda, username dan alamat email tidak dapat sama dengan user lain, karena akan terhubung dengan sistem reset / kelola kata sandi yang akan dikirimkan melalui alamat email yang tertera. Buat kata sandi yang kuat dengan memenuhi kriteria menggunakan Huruf besar, huruf kecil, angka dan karakter dengan panjang minimal 8 karakter.