Arsip

Modul Operasi

Untuk menggunakan modul Operasi silakan cermati

1. Pasien Harus di melaui proses pendaftaran dan periksa umum.
2. Pasien dilakukan Pemeriksaan Oleh dokter di Menu Pemeriksaan dengan Hasil Rencana Awal Operasi.

Pemeriksaan dokter Operasi

Pemeriksaan dokter Operasi

3. Setelah Status Pasien Selesai, (dengan memastikan tombol komplit di tekan )  maka nama pasien akan muncul di menu Pendaftaran Operasi

Pemeriksaan Operasi

Pemeriksaan Operasi

4. Ke Menu Pendaftaran, pilih submenu pendaftaran Operasi, buat pendaftaran operasi baru, cari nama pasien yang telah di simpan dari pemeriksaan dokter dengan status komplit operasi.

Tambah pendaftran operasi

Tambah pendaftran operasi

5. Silakan isi isian yangs seseuai dengan apa yang di kehendaki.  Pilihan dari Jenis Operasi di input dari Menu Tarif Operasi, Ruang Operasi di dapatkan dari Pengaturan Ruang, Dokter Pelaksana di Ambil dari Kontak Nama Karyawan yang bertugas sebagai dokter, dan selanjutnya tekan tombol simpan untuk menyimpan data tersebut
6. Tanggal dan Jam operasi dapat di isi tidak sesuai dengan hari atau tanggal operasi yang sebenarnya. Penjadwalan operasi ini akan dilakukan setelah ada pemeriksaan pra operasi oleh dokter.
7. Ke Menu Pemeriksaan Pra Operasi, silakan klik input hasil dan isi sesuai dengan keadaan pasien yang akan dioperasi. Pengisian data ini hanya dapat dilakukan oleh login  dokter pelaksana atau dokter anestesi.

detail pemeriksaan pra operasi

detail pemeriksaan pra operasi

8. Dalam menu Pemeriksaan Pra operasi ini, dokter ada menu untuk mewawancara, memeriksa dan mengambil gambar / foto pasien.
9.Silakan isi semua data, dan buat penjadwalan operasi yang sebenarnya di menu pemeriksaan pra operasi di Tab Pemeriksaan Dokter di bagian bawah. Silakan isi detail dari rencana operasi yang akan dilaksanakan
10. Pastikan pemeriksaan pra operasi komplit dan di verifikasi oleh dokter yang memeriksa / yang akan melakukan operasi. Tambahkan Foto pra operasi jika diperlukan

Jadwal Operasi

Jadwal Operasi

11. Data pasien yang telah diisi pemeriksaan pra operasi secara lengkap / komplit akan dapat dilihat di menu Jadwal Operasi, silakan pilih periode tanggal untuk menampilkan pasien yang telah dijadwalkan untuk operasi
12. Pada saat pelaksanaan operasi, dokter pelaksana operasi dapat membuat Laporan operasi dengan mengisi informasi di menu Pemeriksaan Paska Operasi. Silakan atur periode nya untuk menampilkan pasien yang telah di operasi

Pemeriksaan Paska Operasi

Pemeriksaan Paska Operasi

13. Silakan Input Hasil di kolom tindakan di nama pasien yang telah dioperasi. Masukkan informasi hasil pelaksanaan operasi tersebut.
14. Setelah diisi, jangan lupa untuk mengklik tombol komplit agar data tersimpan di dalam rekam medis pasien.

Pemeriksaan paska operasi

Pemeriksaan paska operas

Membuat User

 

Sebelum membuat User,

  1. Pertama kita pastikan login yang kita gunakan mempunyai tugas Admin. Silakan Rubah Tugas Anda di Profil Anda yang terletak di pojok kanan atas

2. Rubahlah tugas menjadi Admin Klinik jika faskes anda klinik, atau Admin Praktik dokter jika faskes anda PMD

3. Setelah Tugas anda menjadi admin Silakan ke Menu Kontak untuk Mengisi data Kontak Karyawan yang akan di berikan User

Silakan klik Tombol Biru : Buat Karyawan Baru, kemudian isi data dengan tugas utama adalah tugas yang dibebankan kepada karyawan berdasarkan  profesinya.  Jangan lupa untuk melengkapi data tersebut kemudian di simpan.  Untuk Profesi Apoteker, Dokter harus mempunya NIK yang terdata di Platform Satusehat Kemenkes ( satusehat.kemkes.go.id/sdmk )

Keterangan :

  • Untuk Fungsi pendamping, isi dengan tugas : perawat, bidan
  • Untuk Fungsi Kasir, isi dengan tugas: kasir, pendaftaran & kasir
  • Untuk Fungsi Dokter,isi dengan tugas : Dokter Umum, Dokter Spesialis, Dokter Gigi, Dokter MCU
  • Untuk Fungsi Farmasi,isi dengan tugas : Apoteker dan Asisten Apoteker

 

Menambahkan user

1.Silakan ke Menu pengaturan, pilih submenu user, silahkan tambahkan user baru selain dari user yang anda gunakan saat ini..

2.Pilih Akses Cabang (a ) Kemudian Pilih Nama Karyawan yang akan di berikan akses uses ini ( b), Kemudian pilih tugas utama adalah sesuai dengan profesinya dan tugas tambahan jika user tersebut di berikan wewenang untuk fungsi lainnya (c) dan tuliskan nama untuk username dan passwordnya (d) . Kemudian isi data yang lainnya yang dianggap perlu. Jangan lupa untuk Menyimpannya.

Ada pilihan tugas Admin, yang anda harus memilih karyawan yang tepat, karena user admin ini dapat merubah dan menghapus data yang telah di buat.

3. Sesuaikan dengan kebutuhan, jika komputer yang dimiliki tidak mencukupi sehingga harus berbagi user, maka cukup dibuat user dengan tugas untuk mengelola laporan, yakni :

  •  User dengan tugas Admin,
  •  User dengan tugas pencatatan laporan / input data  dari pendaftaran hingga membuat nota penjualan dan
  • User untuk mengisi rekam medis yakni user dengan tugas dokter.

4. Buat User baru dengan kata sandi yang di tulis dengan penuh tanggung jawab. Isikan Data Karyawan sesuai dengn tugas yang diberikan. Pemilihan tugas ini akan mengakibatkan user ini akan mucul dengan kolom fungsi diatas

 

Pilih user untuk login

1.Buat user dengan tugas: Login klinik atau Login praktik dokter jika user ini akan membuka aplikasi ini untuk pencatatan transaksi di klinik atau tempat praktik dokter anda melalui komputer yang digunakan secara umum.

2.Jangan buat user dengan tugas Admin karena fungsi admin akan dapat merubah dan menghapus data yang ada, kecuali user ini telah anda percaya untuk mengelola pencatatan data dan transaksi dalam aplikasi ini.

3.Jika anda memiliki klinik dengan banyak ruangan pendaftaran atau pasien yang banyak sehingga memerlukan komputer lebih dari satu, maka buatlah user dengan tugas fungsi : Pendaftaran atau Kasir & Pendaftaran untuk melakukan pendaftaran di setiap ruangan / unit layanan

Pemilihan Kata Sandi

Silakan buat username sesuai dengan pilihan anda, username dan alamat email tidak dapat sama dengan user lain, karena akan terhubung dengan sistem reset / kelola kata sandi yang akan dikirimkan melalui alamat email yang tertera. Buat kata sandi yang kuat dengan memenuhi kriteria menggunakan Huruf besar, huruf kecil, angka dan karakter dengan panjang minimal 8 karakter.