Saat ini anda melihat tutorial bagaimana menambahkan nama dokter di menu jadwal praktik dokter dan di menu pendaftaran untuk submenu daftar antrian
Silakan Simak Video Tutorial ini :
Saat ini anda melihat tutorial bagaimana menambahkan nama dokter di menu jadwal praktik dokter dan di menu pendaftaran untuk submenu daftar antrian
Silakan Simak Video Tutorial ini :
Surat Keluar Fasyankes adalah surat yang dikeluarkan oleh Faskes / dokter praktik kepada pasien atau pihak lain yang membutuhkan surat.
Aplikasi ini memiliki format surat keluar yang dapat di pakai yakni :
1. Kwitansi
2. Surat Rujukan
3. Surat Persetujuan Tindakan Medis
4. Surat Keterangan Kondisi Kesehatan / Surat Keterangan Sehat
5. Surat Keterangan Sakit
6. Surat Pernyataan Persetujuan Operasi / Anestesi
7. Surat Pernyataan Persetujuan Pemeriksaan Pengobatan
8. Visum Et Repertum
9. Surat Keterangan Bebas Napza
10. Surat Penolakan Tindakan Medis
11. Surat Rujukan Perusahaan Penjamin / Asuransi
12. Surat lainnya yang dapat di buat sesuai format yang dimiliki oleh Fasyankes
Adapun Cara untuk membuat surat keluar ini.
1. Ke Menu Dokumen & Info, pilih submenu Surat Keluar
2. Buat Surat Keluar Baru
3. Pilih Jenis Surat Keluar yang di perlukan
4. Klik tombol buat
5. Isi data isian yang perlu diisi sesuai isian yang di butuhkan
6. Klik tombol Buat
7. Lihat pratinjau di tabel dibawah
8. Cetak Surat yang dibutuhkan di Printer pilihan
B> Dari Menu Pemeriksaan Dokter
1. Ke Menu pemeriksaan, pilih submenu Pemeriksaan Dokter
2. Pilih pasien yang akan diperiksa, pilih di tabel bawah, klik input hasil di kolom tindakan
3. Isi data pasien yang diperiksa mulai dari anamnesis dst, hingga buat Rencana Penataksanaan, pilih pilihan Pemberian dokumen
4. Klik tab Dokumen, plih dokumen yang akan diberikan kepada pasien
5. Isi isian yang dibutuhkan untuk membuat dokumen tersebut
6. Klik Tambah dokumen
7. Lihat Dokumen dan simpan sebagai PDF atau Cetak PDF
Untuk menggunakan modul Operasi silakan cermati
1. Pasien Harus di melaui proses pendaftaran dan periksa umum.
2. Pasien dilakukan Pemeriksaan Oleh dokter di Menu Pemeriksaan dengan Hasil Rencana Awal Operasi.
3. Setelah Status Pasien Selesai, (dengan memastikan tombol komplit di tekan ) maka nama pasien akan muncul di menu Pendaftaran Operasi
4. Ke Menu Pendaftaran, pilih submenu pendaftaran Operasi, buat pendaftaran operasi baru, cari nama pasien yang telah di simpan dari pemeriksaan dokter dengan status komplit operasi.
5. Silakan isi isian yangs seseuai dengan apa yang di kehendaki. Pilihan dari Jenis Operasi di input dari Menu Tarif Operasi, Ruang Operasi di dapatkan dari Pengaturan Ruang, Dokter Pelaksana di Ambil dari Kontak Nama Karyawan yang bertugas sebagai dokter, dan selanjutnya tekan tombol simpan untuk menyimpan data tersebut
6. Tanggal dan Jam operasi dapat di isi tidak sesuai dengan hari atau tanggal operasi yang sebenarnya. Penjadwalan operasi ini akan dilakukan setelah ada pemeriksaan pra operasi oleh dokter.
7. Ke Menu Pemeriksaan Pra Operasi, silakan klik input hasil dan isi sesuai dengan keadaan pasien yang akan dioperasi. Pengisian data ini hanya dapat dilakukan oleh login dokter pelaksana atau dokter anestesi.
8. Dalam menu Pemeriksaan Pra operasi ini, dokter ada menu untuk mewawancara, memeriksa dan mengambil gambar / foto pasien.
9.Silakan isi semua data, dan buat penjadwalan operasi yang sebenarnya di menu pemeriksaan pra operasi di Tab Pemeriksaan Dokter di bagian bawah. Silakan isi detail dari rencana operasi yang akan dilaksanakan
10. Pastikan pemeriksaan pra operasi komplit dan di verifikasi oleh dokter yang memeriksa / yang akan melakukan operasi. Tambahkan Foto pra operasi jika diperlukan
11. Data pasien yang telah diisi pemeriksaan pra operasi secara lengkap / komplit akan dapat dilihat di menu Jadwal Operasi, silakan pilih periode tanggal untuk menampilkan pasien yang telah dijadwalkan untuk operasi
12. Pada saat pelaksanaan operasi, dokter pelaksana operasi dapat membuat Laporan operasi dengan mengisi informasi di menu Pemeriksaan Paska Operasi. Silakan atur periode nya untuk menampilkan pasien yang telah di operasi
13. Silakan Input Hasil di kolom tindakan di nama pasien yang telah dioperasi. Masukkan informasi hasil pelaksanaan operasi tersebut.
14. Setelah diisi, jangan lupa untuk mengklik tombol komplit agar data tersimpan di dalam rekam medis pasien.
Sebelum membuat User,
2. Rubahlah tugas menjadi Admin Klinik jika faskes anda klinik, atau Admin Praktik dokter jika faskes anda PMD
3. Setelah Tugas anda menjadi admin Silakan ke Menu Kontak untuk Mengisi data Kontak Karyawan yang akan di berikan User
Silakan klik Tombol Biru : Buat Karyawan Baru, kemudian isi data dengan tugas utama adalah tugas yang dibebankan kepada karyawan berdasarkan profesinya. Jangan lupa untuk melengkapi data tersebut kemudian di simpan. Untuk Profesi Apoteker, Dokter harus mempunya NIK yang terdata di Platform Satusehat Kemenkes ( satusehat.kemkes.go.id/sdmk )
Keterangan :
1.Silakan ke Menu pengaturan, pilih submenu user, silahkan tambahkan user baru selain dari user yang anda gunakan saat ini..
2.Pilih Akses Cabang (a ) Kemudian Pilih Nama Karyawan yang akan di berikan akses uses ini ( b), Kemudian pilih tugas utama adalah sesuai dengan profesinya dan tugas tambahan jika user tersebut di berikan wewenang untuk fungsi lainnya (c) dan tuliskan nama untuk username dan passwordnya (d) . Kemudian isi data yang lainnya yang dianggap perlu. Jangan lupa untuk Menyimpannya.
Ada pilihan tugas Admin, yang anda harus memilih karyawan yang tepat, karena user admin ini dapat merubah dan menghapus data yang telah di buat.
3. Sesuaikan dengan kebutuhan, jika komputer yang dimiliki tidak mencukupi sehingga harus berbagi user, maka cukup dibuat user dengan tugas untuk mengelola laporan, yakni :
4. Buat User baru dengan kata sandi yang di tulis dengan penuh tanggung jawab. Isikan Data Karyawan sesuai dengn tugas yang diberikan. Pemilihan tugas ini akan mengakibatkan user ini akan mucul dengan kolom fungsi diatas
1.Buat user dengan tugas: Login klinik atau Login praktik dokter jika user ini akan membuka aplikasi ini untuk pencatatan transaksi di klinik atau tempat praktik dokter anda melalui komputer yang digunakan secara umum.
2.Jangan buat user dengan tugas Admin karena fungsi admin akan dapat merubah dan menghapus data yang ada, kecuali user ini telah anda percaya untuk mengelola pencatatan data dan transaksi dalam aplikasi ini.
3.Jika anda memiliki klinik dengan banyak ruangan pendaftaran atau pasien yang banyak sehingga memerlukan komputer lebih dari satu, maka buatlah user dengan tugas fungsi : Pendaftaran atau Kasir & Pendaftaran untuk melakukan pendaftaran di setiap ruangan / unit layanan
Silakan buat username sesuai dengan pilihan anda, username dan alamat email tidak dapat sama dengan user lain, karena akan terhubung dengan sistem reset / kelola kata sandi yang akan dikirimkan melalui alamat email yang tertera. Buat kata sandi yang kuat dengan memenuhi kriteria menggunakan Huruf besar, huruf kecil, angka dan karakter dengan panjang minimal 8 karakter.
Sebelum menggunakan silakah buka Halaman utama Aplikasi Klnikita di halaman https://app.klinikita.id
Silakan masukan Username dan Kata Sandi yang telah di berikan oleh Petugas Verifikasi Data di Aplikasi Klinikita, jangan lupa klik bagian untuk verifikasi saya bukan robot
Anda akan masuk kebagian utama beranda aplikasi sesuai login yang anda miliki
Ada Beberapa Macam Login untuk APlikasi ini
2. Dashboard Klinik Umum, Baik Klinik Pratama atau Utama, Klinik Bekerjasama dengan BPJS ataupun tidak bekerjasama dengan BPJS
3. Dashboard Klinik plus MCU, baik itu klinik pratama, ataupun utama dan juga baik itu bekerjasama ataupun tidak bekerjasama dengan BPJS
Periksa Fungsi dari tugas anda di bawah profil nama anda ( pojok kanan atas ) dengan memilih fungsi ganti tugas untuk mengetahui akses apa yang dapat anda lakukan di dalam menu aplikasi ini
Jika anda Mempunyai Tugas Admin Perusahaan anda dapat:
1.Merubah data perusahaan / organisasi anda
2.Menambah, Merubah dan menghapus data cabang / Fasyankes yang terdaftar di dalam perusahaan/organisasi anda
3.Menambah atau menghapus data karyawan untuk di jadikan admin pengelola cabang / fasyankes yang dibawah perusahaan
Jika anda mempunyai Tugas Admin Cabang, atau Admin Klinik, Admin Praktik dokter atau Admin Klinik MCU maka anda dapat melakukan
1. Menambah, menghapus, mengubah, import dan eksport data yang ada di menu cabang / fasyankes anda kelola
2. Akses untuk melakukan fungsi tersebut di poin 1 untuk Menu Persediaan, kontak, Tarif, Referensi, Pengaturan, Dokumen & Info serta Kirim Pesan
3. Dalam memilih tugas karyawan dan menambahkan user masuk kedalam aplikasi, Pastikan karyawan yang memiliki user Admin baik admin klinik, admin praktik dokter adalah orang yang dapat dipercaya karena data yang ada dalam aplikasi ini dapat dilakukan diketahui, diperlakukan sesuai poin nomer 1, sehingga data diatas dapat bagikan atau digunakan tidak semestinya.
4. Jika anda menggunakan komputer untuk operasional, buat akun User dengan tugas Login Klinik atau Login Praktik dokter, jangan memakai user Admin untuk masuk kedalam aplikasi ini.
5.Silakan cari tahu tentang pembuatan login user disini
1.Melakukan perubahan data di Menu Pengaturan, baik di sub menu Perusahaan dan sub menu Cabang. Sub menu Perusahaan hanya dapat dirubah dari Admin yang memiki akses yang ditunjuk oleh perusahaan atau organisasi untuk mengelola akses fasilitas layanan kesehatan ( fasyankes ) dibawahnya yang berbentuk Praktik Mandiri Dokter, ataupun Klinik pratama dan klinik utama. Dalam menu ini anda dapat mengelola hak akses di dalam cabang yang terdaftar di dalam menu anda.
2. Sub Menu cabang adalah bagian untuk mengatur informasi yang di miliki oleh fasyankes yang akan menggunakan aplikasi ini. Jika anda admin praktik mandiri dokter, admin klinik, Admin Klinik MCU silahan perbaiki data yang dianggap kurang tepat dan silakan ganti logo sesuai dengan logo fasyankes anda dengan ukuran 1230 x 276 px.
Silakan konfigurasikan / kelola data disini :
a. Lokasi Cabang = lokai tempat fasyankes pengguna aplikasi ini di cari lewat GoogleMap API
b. Cabang terbuka untuk umum = pilih ya jika anda ingin menerima pendaftaran pasien secara online
c. Satatus klinik bagian pusat/cabang = silakan pilih jika anda menggunakan aplikasi ini untuk mengelola lebih dari 1 cabang klinik
d. Kirim pesan Whatsapp = Aktif jika anda mengijinkan Aplikasi ini untuk mengirimkan pesan ke nomer whatsapp pasien untuk notifikasi pendaftaran, antrian pembayaran
e. Menggabungkan data pasien jika anda ingin menggabungkan data pasien dengan data pasien dicabang lain dalam satu perusahaan maka pilih Aktif
3. Kebagian Menu kontak Silakan masukkan nama SDM / Pegawai di dalam submenu Karyawan, buat Karyawan baru jika nama anda atu tim anda belum masuk kedalam database ini. Pastikan Nomor NIK sesuai dengan KTP, karena NIK yang benar akan dibutuhkan untuk pengiriman data ke server satusehat kementrian kesehatan.
Pastikan masukkan data karyawan dengan Tugas : dokter , perawat / bidan dan kasir untuk memenuhi fungsi pencatatan transaksi dalam aplikasi ini.
Silakan gunakan fasilitas import dengan file xls jika data SDM anda lebih dari 10 orang, dan silakan input manual jika data SDM anda kurang dari 10 orang.
Jika anda ingin mengimport data lewat file xls pastikan lihat contoh / template format untuk megimportnya, silakan pilih tugas sdm tersebut sesuai jabatan profesinya ( dokter, perawat, atlm dst ) satau orang karyawan bisa merangkap tugas dan fungsi, silakan tambahkan isi isian tersebut diatas sebagai tugas utama karyawan yang bersangkutan.
4. Kembali ke Menu pengaturan, pilih submenu user, silahkan tambahkan user baru selain dari user yang anda gunakan saat ini.
Pilih tugas utama adalah sesuai dengan profesinya dan tugas tambahan jika user tersebut di berikan wewenang untuk fungsi lainnya. Ada pilihan tugas Admin, yang anda harus memilih karyawan yang tepat, karena user admin ini dapat merubah dan menghapus data yang telah di buat.
5. Buat user dengan tugas: Login klinik atau Login praktik dokter jika user ini akan membuka aplikasi ini untuk pencatatan transaksi di klinik atau tempat praktik dokter anda melalui komputer yang digunakan secara umum, jangan buat user dengan tugas Admin karena fungsi admin akan dapat merubah dan menghapus data yang ada, kecuali user ini telah anda percaya untuk mengelola pencatatn data dan transaksi dalam aplikasi ini.
Jika anda memiliki klinik dengan banyak ruangan pendaftaran atau pasien yang banyak sehingga memerlukan komputer lebih dari satu, maka buatlah user dengan tugas fungsi : Pendaftaran atau Kasir & Pendaftaran
6. Silakan buat username sesuai dengan pilihan anda, username dan alamat email tidak dapat sama dengan user lain, karena akan terhubung dengan sistem reset / kelola kata sandi yang akan dikirimkan melalui alamat email yang tertera. Buat kata sandi yang kuat dengan memenuhi kriteria menggunakan Huruf besar, huruf kecil, angka dan karakter dengan panjang minimal 8 karakter.
Ada dua cara untuk merubah kata santi lofin user anda:
A.Ke Menu Pengaturan, Piih sub menu user, silahkan pilih user yang akan anda rubah kata sandinya dan lakukan edit kata sandi / password dan simpan. Funfgsi ini hanya dapat dilakukan oleh ADMIN
B.Jika anda sebagai pengguna/ user yang bukan sebagai admin , silakan rubah kata sandi di halaman utama login dipilihan lupa kata sandi, anda akan mendapatkan konfirmasi di email yang anda daftarkan, dan silakan klik taurtan perubahan kata sandi untuk merubah kata sandi anda tersebut.Pastikan alamat email anda benar dan cek di kotak Spam jika anda tidak menemukan tautan untuk merubah kata sandi anda
7. Silakan masuk ke dalam aplikasi sesuai login user dengan fungsi / tugas sesuai peruntukannya.
Tidak setiap orang perlu di buatkan login user, pilih karyawan yang dapat menggunakan komputer dan akses kedalam aplikasi ini. Jika kedepannya membutuhkan login untuk setiap karyawan yang bekerja untuk keperluan pencatatan absensi, pembayaran gaji dll maka silakan hubungi admin Aplikasikita untuk menambahkan menu tersebut
$$$ TIPS: Jika anda ingin menyatukan username buatan anda dengan tugas dokter dan admin praktik dotkter, admin klinik maka anda :
1. Harus mengisikan/ membuat nama karyawan dengan tugas: Dokter umum , Dokter gigi atau dokter Spesialis di bagian menu kontak karyawan
2. Hapus username lama yang dibuatkan oleh SuperAdmin pada saat setup awal aplikasi ini
3. Buat Username baru dengan pilih karyawan yang telah di tuliskan di menu kontak.
4. Gunakan username dengan tugas Admin klinik / Admin Praktik dokter untuk menambah, menghapus dan merubah data informasi di aplikasi ini
5. Gunakan fungsi “Ganti tugas” yang berada di bawah menu Profil sebagai dokter jika ingin mengisi data pemeriksaan dokter.
Rekam Medis pasien hanya dapat diisi oleh dokter yang memeriksanya dengan akun login sesuai dengan user dokter yang dimilikinya. Adapun cara untuk mengisinya.
1. Pilih Menu Pemeriksaan, klik submenu pemeriksaan dokter
2. Dibawah Data Pasien ada Tab ( menu kecil ) yang dapat dipilih, yakni Anamnesa, Pemeriksaan Fisik, Pemeriksaan Penunjang, Odontogram, Diagnosis, Rencana Awal, Dokumen dan Foto Medis
3. Dokter Dapat mengisi data-data dari meneu kecil tersebut
4. Ada tanda * di setiap kata/kalimat yang berarti data tersebut wajib diisi
5. Disetiap pemeriksaan akan diakhiri dengan Rencana Awal dalam penataksanaan kasus tersebut. Silakan pilih jenis rencana penatalaksanaan.
6. Akan muncul menu / Tab baru di samping Foto Medis jika memilih rencana penatalaksanaan Pengobatan, Kirim Laboratorium & Non Labopratorium, dan Tindakan.
7. Silakan isi data di tab yang muncul sesuai pilihan tersebut
8. Jika Rencana Penatalaksanaan adalah Operasi, maka nama pasien tersebut akan masuk ke dalam menu pendaftaran operasi
9. Jika Rencana Penatalaksanaan adalah Kirim Lab & Non Lab, dan isian di tab yang muncul tersebut di isi, maka data pasien tersebut akan masuk kedalam menu pendaftaran Lab & Non Lab untuk dapat dilanjutkan dengan pemeriksaan lab / non lab sesuai isian dari dokter tersebut.
10. Jika Rencana Penatalaksanaan adalah Pengobatan, dan isian di tab yang muncul tersebut di isi, maka data pasien tersebut akan masuk kedalam menu Farmasi sub menu Proses Resep untuk mendapatkan obat sesuai isian dari dotker tesebut.
11. Jika Rencana Penatalaksanaan adalah tindakan, dan isian di tab yang muncul tersebut di isi, maka data pasien tersebut akan masuk kedalam pencatatan pemberian tindakan yang dapat diambil datanya di menu kasir.
12. Tekan Tombol Simpan setelah semua data diisi dengan benar, atau tekan tombol Update jika ada perubahan data rekam medis tersebut
13. Jika data yang dimaksud telah lengkap, maka dokter pemeriksa wajib memberikan intruksi komplit agar data rekam medis ini tidak dapat dirubah-rubah lagi dan akan di kirimkan datanya ke platform Satusehat dalam waktu 3 x24 jam
PERLU DIPERHATIKAN
>>> Tab / menu di samping Foto Medis akan muncul sesuai dengan Rencana Penatalaksanaannya. Dan Tombol Update/ Komplit akan muncul setelah data di isi semua dan disimpan