Pengantar
Sebelum menggunakan silakah buka Halaman utama Aplikasi Klnikita di halaman https://app.klinikita.id
Silakan masukan Username dan Kata Sandi yang telah di berikan oleh Petugas Verifikasi Data di Aplikasi Klinikita, jangan lupa klik bagian untuk verifikasi saya bukan robot
Anda akan masuk kebagian utama beranda aplikasi sesuai login yang anda miliki
Ada Beberapa Macam Login untuk APlikasi ini
- Dashboard Praktik Mandiri Dokter
2. Dashboard Klinik Umum, Baik Klinik Pratama atau Utama, Klinik Bekerjasama dengan BPJS ataupun tidak bekerjasama dengan BPJS
3. Dashboard Klinik plus MCU, baik itu klinik pratama, ataupun utama dan juga baik itu bekerjasama ataupun tidak bekerjasama dengan BPJS
Sebelum memulai memakai aplikasi ini,
Periksa Fungsi dari tugas anda di bawah profil nama anda ( pojok kanan atas ) dengan memilih fungsi ganti tugas untuk mengetahui akses apa yang dapat anda lakukan di dalam menu aplikasi ini
Jika anda Mempunyai Tugas Admin Perusahaan anda dapat:
1.Merubah data perusahaan / organisasi anda
2.Menambah, Merubah dan menghapus data cabang / Fasyankes yang terdaftar di dalam perusahaan/organisasi anda
3.Menambah atau menghapus data karyawan untuk di jadikan admin pengelola cabang / fasyankes yang dibawah perusahaan
Jika anda mempunyai Tugas Admin Cabang, atau Admin Klinik, Admin Praktik dokter atau Admin Klinik MCU maka anda dapat melakukan
1. Menambah, menghapus, mengubah, import dan eksport data yang ada di menu cabang / fasyankes anda kelola
2. Akses untuk melakukan fungsi tersebut di poin 1 untuk Menu Persediaan, kontak, Tarif, Referensi, Pengaturan, Dokumen & Info serta Kirim Pesan
3. Dalam memilih tugas karyawan dan menambahkan user masuk kedalam aplikasi, Pastikan karyawan yang memiliki user Admin baik admin klinik, admin praktik dokter adalah orang yang dapat dipercaya karena data yang ada dalam aplikasi ini dapat dilakukan diketahui, diperlakukan sesuai poin nomer 1, sehingga data diatas dapat bagikan atau digunakan tidak semestinya.
4. Jika anda menggunakan komputer untuk operasional, buat akun User dengan tugas Login Klinik atau Login Praktik dokter, jangan memakai user Admin untuk masuk kedalam aplikasi ini.
5.Silakan cari tahu tentang pembuatan login user disini
Hal yang pertama kali anda lakukan
1.Melakukan perubahan data di Menu Pengaturan, baik di sub menu Perusahaan dan sub menu Cabang. Sub menu Perusahaan hanya dapat dirubah dari Admin yang memiki akses yang ditunjuk oleh perusahaan atau organisasi untuk mengelola akses fasilitas layanan kesehatan ( fasyankes ) dibawahnya yang berbentuk Praktik Mandiri Dokter, ataupun Klinik pratama dan klinik utama. Dalam menu ini anda dapat mengelola hak akses di dalam cabang yang terdaftar di dalam menu anda.
2. Sub Menu cabang adalah bagian untuk mengatur informasi yang di miliki oleh fasyankes yang akan menggunakan aplikasi ini. Jika anda admin praktik mandiri dokter, admin klinik, Admin Klinik MCU silahan perbaiki data yang dianggap kurang tepat dan silakan ganti logo sesuai dengan logo fasyankes anda dengan ukuran 1230 x 276 px.
Silakan konfigurasikan / kelola data disini :
a. Lokasi Cabang = lokai tempat fasyankes pengguna aplikasi ini di cari lewat GoogleMap API
b. Cabang terbuka untuk umum = pilih ya jika anda ingin menerima pendaftaran pasien secara online
c. Satatus klinik bagian pusat/cabang = silakan pilih jika anda menggunakan aplikasi ini untuk mengelola lebih dari 1 cabang klinik
d. Kirim pesan Whatsapp = Aktif jika anda mengijinkan Aplikasi ini untuk mengirimkan pesan ke nomer whatsapp pasien untuk notifikasi pendaftaran, antrian pembayaran
e. Menggabungkan data pasien jika anda ingin menggabungkan data pasien dengan data pasien dicabang lain dalam satu perusahaan maka pilih Aktif
3. Kebagian Menu kontak Silakan masukkan nama SDM / Pegawai di dalam submenu Karyawan, buat Karyawan baru jika nama anda atu tim anda belum masuk kedalam database ini. Pastikan Nomor NIK sesuai dengan KTP, karena NIK yang benar akan dibutuhkan untuk pengiriman data ke server satusehat kementrian kesehatan.
Pastikan masukkan data karyawan dengan Tugas : dokter , perawat / bidan dan kasir untuk memenuhi fungsi pencatatan transaksi dalam aplikasi ini.
Silakan gunakan fasilitas import dengan file xls jika data SDM anda lebih dari 10 orang, dan silakan input manual jika data SDM anda kurang dari 10 orang.
Jika anda ingin mengimport data lewat file xls pastikan lihat contoh / template format untuk megimportnya, silakan pilih tugas sdm tersebut sesuai jabatan profesinya ( dokter, perawat, atlm dst ) satau orang karyawan bisa merangkap tugas dan fungsi, silakan tambahkan isi isian tersebut diatas sebagai tugas utama karyawan yang bersangkutan.
4. Kembali ke Menu pengaturan, pilih submenu user, silahkan tambahkan user baru selain dari user yang anda gunakan saat ini.
Pilih tugas utama adalah sesuai dengan profesinya dan tugas tambahan jika user tersebut di berikan wewenang untuk fungsi lainnya. Ada pilihan tugas Admin, yang anda harus memilih karyawan yang tepat, karena user admin ini dapat merubah dan menghapus data yang telah di buat.
5. Buat user dengan tugas: Login klinik atau Login praktik dokter jika user ini akan membuka aplikasi ini untuk pencatatan transaksi di klinik atau tempat praktik dokter anda melalui komputer yang digunakan secara umum, jangan buat user dengan tugas Admin karena fungsi admin akan dapat merubah dan menghapus data yang ada, kecuali user ini telah anda percaya untuk mengelola pencatatn data dan transaksi dalam aplikasi ini.
Jika anda memiliki klinik dengan banyak ruangan pendaftaran atau pasien yang banyak sehingga memerlukan komputer lebih dari satu, maka buatlah user dengan tugas fungsi : Pendaftaran atau Kasir & Pendaftaran
6. Silakan buat username sesuai dengan pilihan anda, username dan alamat email tidak dapat sama dengan user lain, karena akan terhubung dengan sistem reset / kelola kata sandi yang akan dikirimkan melalui alamat email yang tertera. Buat kata sandi yang kuat dengan memenuhi kriteria menggunakan Huruf besar, huruf kecil, angka dan karakter dengan panjang minimal 8 karakter.
Rubah Kata Sandi
Ada dua cara untuk merubah kata santi lofin user anda:
A.Ke Menu Pengaturan, Piih sub menu user, silahkan pilih user yang akan anda rubah kata sandinya dan lakukan edit kata sandi / password dan simpan. Funfgsi ini hanya dapat dilakukan oleh ADMIN
B.Jika anda sebagai pengguna/ user yang bukan sebagai admin , silakan rubah kata sandi di halaman utama login dipilihan lupa kata sandi, anda akan mendapatkan konfirmasi di email yang anda daftarkan, dan silakan klik taurtan perubahan kata sandi untuk merubah kata sandi anda tersebut.Pastikan alamat email anda benar dan cek di kotak Spam jika anda tidak menemukan tautan untuk merubah kata sandi anda
7. Silakan masuk ke dalam aplikasi sesuai login user dengan fungsi / tugas sesuai peruntukannya.
Tidak setiap orang perlu di buatkan login user, pilih karyawan yang dapat menggunakan komputer dan akses kedalam aplikasi ini. Jika kedepannya membutuhkan login untuk setiap karyawan yang bekerja untuk keperluan pencatatan absensi, pembayaran gaji dll maka silakan hubungi admin Aplikasikita untuk menambahkan menu tersebut
TIPS Mnyatukan username dengan tugas yang beda
$$$ TIPS: Jika anda ingin menyatukan username buatan anda dengan tugas dokter dan admin praktik dotkter, admin klinik maka anda :
1. Harus mengisikan/ membuat nama karyawan dengan tugas: Dokter umum , Dokter gigi atau dokter Spesialis di bagian menu kontak karyawan
2. Hapus username lama yang dibuatkan oleh SuperAdmin pada saat setup awal aplikasi ini
3. Buat Username baru dengan pilih karyawan yang telah di tuliskan di menu kontak.
4. Gunakan username dengan tugas Admin klinik / Admin Praktik dokter untuk menambah, menghapus dan merubah data informasi di aplikasi ini
5. Gunakan fungsi “Ganti tugas” yang berada di bawah menu Profil sebagai dokter jika ingin mengisi data pemeriksaan dokter.